Mengenal Type Data, Variable dan Operator Matematika Pada Bahasa C#

Mengenal Type Data Variable dan Operator Matematika Pada Bahasa CSharp
Assalamualikum, selamat pagi sobat BelajarCsharpDotNet bertemu lagi dengan saya. Pada pembahasan kemarin kita telah membahas tentang struktur dalam bahasa pemrograman C#, semoga pada pembahasan yang kemarin sobat sudah mulai paham tentang C#. Ok pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hal yang tidak kalah pentingnya dari struktur pemrograman, yaitu Type Data dan Variable dalam pemrograman C#. Yap itu lah yang akan kita bahas pada pagi hari ini.
Yang pertama kita akan membahas tentang Type Data dalam Bahasa C#, berikut pembahasannya

1.    Type Data
Dalam dunia pemrograman ada yang dikenal dengan nama type data, nah apa itu Type Data? Type data merupakan sebuah jenis dari sebuah data yang memiliki batasan tempat dan karakteristik yang berbeda beda, dimana type data tersebut bisa diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhuan dalam pemrograman komputer. Ada begitu banya type data dalam bahasa pemrograman C#, namun type data yang sering digunakan hanya; int, double, string/char, bool, dan object.

-    Literal pada bahasa C#
Istilah literal atau literal constant merujuk pada suatu nilai, dimana literal ini kita gunakan untuk menyatakan suatu nilai. Berikut adalah table dimana sobat akan mudah memahaminya:

Literal Dalam Bahasa Pemrograman Csharp

Untuk type data string ada beberapa karakter yang tidak bisa kita tuliskan langsung untuk menghasilkan sebuah tampilan tertentu. Untuk mewakili karakter karakter tersebut digunakanlah yang dikenal sebagai Escape Squences. Escape Squences yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
Escape Squences Dalam Bahasa Pemrograman Csharp

Mungkin sobat bingung gimana cara menggunakannya? Jangan khawatir disini saya telah membuatkan video untuk sobat yang akan saya tempatkan pada akhir postingan ini.

-    Tipe – tipe data numeric pada bahasa C#
Tipe tipe data numeric ini hanyalah pembahasan semata, sobat tidak perlu menghafalkan semuanya, cukup hafalkan type data numeric seperti  int, double, float. Tapi kenapa kok dihadirkan dalam pembahasan kali ini? Yep pertanyaan yang bagus, sebenarnya sih sudah kita bahas dalam Literal pada bahasa C#, jawabannya karena suatu type data memiliki batasan batasan tertentu, sehingga memungkinkan kita untuk menggunaka type data yang lain. Berikut table:

Type Data Numeric Pada Bahasa Pemrograman Csharp


2.    Variable dan Constanta
Apa sih itu variable? Variable dalam pengertian disini sama seperti mata pelajaran Matematika/Aljabar, dimana variable merupakan suatu penamaan dimana nama tersebut memiliki type data tertentu dan nilainya bisa berubah ubah.
Dan Apa itu Constanta?
Constanta sama seperti variable hanya saja disini constanta memiliki nilai yang tetap seperti namanya Konstan.

-    Cara penulisan Variable dan Constanta pada bahasa C#
Variable:
[type data] [namaVariable];
[typedata] [namaVariable1], [namaVariable2], [namaVariable3];
[type data] [namaVariable] = nilai;

Contoh:
Int nilaiMTK;
String namaKu = “Belajar Csharp Net”;

Constanta:
Const [typedata] [namaVariable] = nilai;

Contoh:
Const float phi = 3.14;

-    Aturan penamaan/identifier pada Variable
•    Case sensitive
•    Karakter pertama harus huruf atau underscore
•    Karakter ke-2 dan seterusnya berupa huruf, angka, atau underscore
•    Kata yang telah terdefinisikan dalam bahasa tidak dapat digunakan sebagai identifier
•    Tidak mengandung unsur keyword, jika memungkinkan harus menggunakan itu awalilah dengan   tanda underscore “_”. Bagaimana saya tau kalau itu unsur keyword? Dibawah akan saya berikan sebuah table dimana itu semua keyword keyword.

Keyword Dalam Bahasa Pemrograman Csharp


3.    Operasi Matematika
Mungkin sobat sudah mengerti setelah membaca namanya, yap operasi matematika disini memungkinkan kita untuk melakukan sebuah perhitungan, baik angka, logika, dan lain lain. Dalam dunia pemrograman, salah satunya C# mempunyai 3 jenis operasi matematika:
•    Aritmatika
•    Relasional
•    Logika

-    Aritmatika
Sobat sudah pasti tau kan apa itu aritmatika. Aritmatika dimana kita bisa menghitung sebuah nilai menggunakan operator kalibataku. Berikut table operator aritmatika dalam C#:

Operator Aritmatika Dalam Bahasa Csharp

-    Relasional
Relasional disini memungkinkan kita membandingkan terhadapa nilai nilai tertentu. berikut table operatornya:
Operator Relasional Dalam Bahasa Csharp


-    Logika
Logika disini memungkinkan kita melogikakan sesuatu yang bernilai benar atau salah, biasanya operator logika ini digunakan pada setiap percabangan. Berikut table operatornya:



Berikut merupakan Video Tutorial dan Pembahasan pertama dari saya. :)


Ok semoga sobat paham atas penjelas dari saya, mohon maaf jika terdapat kekeliruan dalam penulisan atau dalam menjelaskan. Jika terdapat kekeliruan sobat bisa membenarkan dikomentar.
Terimakasih atas perhatian sobat, saya ucapkan Wassalamualaikum wr.wb.

0 Response to "Mengenal Type Data, Variable dan Operator Matematika Pada Bahasa C#"