Struktur Dalam Bahasa Pemrograman C#

Struktur Dalam Bahasa Pemrograman C#

Assalamualaikum, Selamat pagi sahabat BelajarCsharpDotNet, apakabar hari ini? Semoga kalian sehat selalu yah, ok cukup basa basinya hehee. Saya lanjutkan lagi dalam penulisan artikel kali ini, kemarin saya telah membahasa apa itu bahasa pemrograman C#. Nah sekarang kita ketahap selanjutnya kita akan mempelajari sturuktur dalam bahasa pemrograman C#.

Dalam dunia pemrograman C#, C# terdiri dari dari 8 bagian. Apa saja itu? Baiklah dibawah ini merupakan structur yang harus ada dalam bahasa pemrograman C#:
  1. Library/Refrences
  2. Namespace
  3. Class
  4. Class Method
  5. Class attributes
  6. Main Method
  7. Pernyataan atau Ekspresi
  8. Comment
Nah, mungkin sobat pada bingung apa itu namespace, refrences, class, dan lain sebagainya. Ok jangan bingung karena saya akan membahas dan memubuatkan contoh source code untuk sobat. Lihat kebawah untuk penjelasannya berikut.

using System;
namespace BelajarCsharp
{
       class Program
       {
             static void Main(string[] args)
             {
                   /* Ini adalah aplikasi pertama saya */

                   Console.Writeline("Saya sedang belajar Csharp");

                   Console.Read();
              }
        }
}



Ok diatas adalah contoh, dimana harus sobat pahami baik baik, karena ini akan berkelanjutan pada pembahasan kita berikutnya. Berikut pembahasan dari source code diatas:

Using System => merupakan salah satu contoh library atau refrences dari bahasa pemrograman C#. Kenapa refrensces harus ada? Pertanyaan bagus, karena refrences/library mempunyai kumpulan kumpulan fungsi tertentu. Contohnya fungsi dalam ‘system’ adalah “Console.WriteLine()” dan “Console.Read()” tanpa adanya refrences tersebut jika kita menuliskan sebuah ekspresi atau fungsi Console.WriteLine() dan Console.Read() program tidak akan berjalan.

Namespace BelajarCsharp => merupakan sebuah deklarasi dimana dalam namespace tersebut “BelajarCsharp” merupakan nama dari deklarasi namespace. Namespace sendiri merupakan sebuah kumpulan atau koleksi kelas. bagaimana cara penulisan deklarasi namespace? Sobat tidak perlu bingung atau menuliskannya manual karena ketika sobat membuat sebuah project menggunakan Visual Studio anda akan memasukkan nama project sobat, nah nama project tersebutlah yang akan digunakan sebagai deklarasi namespace. Bagaimana jika saya menghapus namespace tersebut? Program masih tetap bisa berjalan, tapi jika program tersebut berskala besar sobat akan kebingungan sendiri nantinya.

Class Program => merupakan sebuah deklarasi sebuah class. Apa itu class? Disini saya hanya membahas sedikit saja tentang class, karena pembahasan tentang Class akan saya bahas sendirinya dalam OOP(Object Oriented Program). Class adalah perluasan konsep dari struktural data. Serupa dengan struktural data, class dapat berisi anggota data (atribut), tetapi class juga dapat berisikan fungsi-fungsi sebagai bagian dari anggotanya. Bingung? Ok jangan terlalu dipikirkan karena itu akan kita kupas tuntas pada artikel selanjutnya. Sobat cukup pahami aja artikel ini saja.

Static void main(string[] args) => merupakan sebuah main method atau yang dikenal sebagai fungsi utama dalam pemrograman. Dimana ketika program dieksekusi yang pertama kali baca adalah “static void main(string[] args)” setelah itu baru dilanjutkan kepembacaan fungsi fungsi lainnya yang diinclude/disertakan dalam fungsi utama tersebut.

/*Ini adalah aplikasi pertama saya*/ => merupakan sebuah komentar, dimana komentar ini dituliskan untuk memperjelas sebuah fungsi fungsi. Mungkin sobat beranggapan yang buat kok masa ngga ngerti fungsi yang dibuatnya? Ok betul sekali anggapan sobat, tapi coba sobat bayangkan ketika sobat sudah lama tidak membuka source code dan sobat akan melakukan sebuah perubahan fungsi? Pasti sobat akan kebingungan tentunya. Dan juga ketika sobat bekerja dalam suatu Team Work, dimana bukan cuman sobat saja yang jadi programmer. Teman sobat lainnya pasti akan kebingungan, nah disinilah fungsi utamanya dari Komentar ini. J Ada 2 cara penulisan dalam komentar yaitu dengan /* komentar agan */ dan //komentar agan. Terus apa bedanya? Bedanya adalah jika kita menggunakan /* */  ini bisa digunakan dalam berapa baris, dan // hanya bisa digunakan dalam satu baris saja. Ok mungkin sobat masih bingung coba sobat lihat contoh gambar berikut ini.

Cara penulisan komentar pada bahasa pemrograman csharp

Console.WriteLine(“Saya sedang belajar Csharp”) dan Console.Read() => merupakan sebuah ekspresi dalam main method/fungsi utama. Dimana Console.WriteLine() berfungsi untuk menampilkan output pada Console/Aplikasi sobat nantinya, sedangkan Console.Read() berfungsi untuk menahan Console sobat supaya ketika program dijalankan console sobat akan tetap muncul, sampai sobat menutup program dengan sendiri.

Bagaimana sobat BelajarCsharpDotNet, sudah mengerti belum? Jika sobat masih bingung, jangan ragu untuk bertanya dikomentar. :) saya cukupkan sampai disini semoga sobat bisa mengerti akan tulisan saya dan semoga sobat tidak bosan untuk berkunjung ke blog saya. Oh iaa mungkin beberapa artikel kedepannya kita akan membahas teori dasar tanpa praktek, setelah teori dasar telah saya buat kita baru mulai ke praktek alias ngoding bareng. :) Happy Coding Sobat. Terimakasih atas perhatian sobat, saya tutup dengan Wassalamuaikum wr. Wb. :)




4 Responses to "Struktur Dalam Bahasa Pemrograman C#"

  1. Kalau Namespace itu gunannya kaya identifier program gan ? misal namespace hitungluas, dalemnya ada fungsi hitungluas, nah buat manggil di fungsi hitung luas, dari luar(misal:program menghitung) itu gimana ?
    Static void main(string[] args) kalau args itu maksudnnya apa ya ? apa bisa diganti ? thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaap namespace itu merupakan identifier yang didalam namespace terdpat class dan fungsi fungsi.
      cara manggilnya sama seperti pemanggilan class pada C# gan. kita harus deklarasikan terlebih dahulu namespace yang telah kita buat. kemudian, jika kita telah mendeklarasikan namespace tersebut barulah kita panggil fungsi yang terdapat dalam class..

      static void main(string[] args) itu tidak bisa boleh dirubah gan, jika program agan mau berjalan. hehehehe :)

      Delete
    2. static void main(string[] args) itu pernah baca gunanya saat menggunakan program dari CMD

      Delete
  2. gan maunanya kan kalo namespace itu kaya file yg kita save bkn nah class itu kaya subclass dari namspace atau gmn gan?
    trus itu kalo public class gunanya buat apa ya gan?
    tolong pencerahanya :v

    ReplyDelete