Apa itu bahasa pemrograman C#?



Apa itu bahasa pemrograman Csharp
Selamat pagi sahabat BelajarCsharpDotNet, pada hari ini merupakan saya pertamakalinya membuat postingan diBlog ini. Pada postingan kali ini saya akan membahasa terlebih dahulu dasar dasar dari C#.
Apa itu bahasa pemrograman C#? C# atau yang sering disebut dengan Csharp merupakan bahasa pemrograman yang berbasis Object dimana bahasa pemrograman ini dikembangkan dan didukung oleh pihak Micrososft dimana bahasa pemrograman ini mendukung platform Microsoft .NET Framework. Dimana pada tahun 2000 bahasa pemrograman ini pertama kali diperkenalkan, dan salah satu pengembang dari bahasa ini adalah Anderls Helsberg. Nah sobat pasti bingung nih apa itu platform Microsoft .NET Framework, jangan khawatir akan kita bahas. Microsoft .NET Framework merupakan sebuah platform yang berjalan pada sistem Operasi Windows. Microsoft .NET Framework juga sangat penting karena merupakan sebuah perantara antar aplikasi dan bahasa pemrograman yang didukung dapat berkomunikasi dengan sistem operasi yang terinstall di Laptop maupun Komputer anda. Bukan berarti Csharp tidak bisa berjalan pada sistem operasi selain Windows, Tidak. Csharp bisa juga berjalan atau ditulis pada sistem operasi selain windows hanya saja platform yang digunakan agak berbeda, misalkan Linux kita terlebih dahulu harus menginstall Mono. Hanya saja dalam Blog ini saya menggunakan Windows sebagai sistem operasi saya menulis bahasa pemrograman ini.

Ok kita lanjut lagi, Selain itu Microsoft .NET memungkinkan bahasa pemrograman C# berkomunikasi dengan bahasa pemrograman lainnya. Tentu saja bahasa pemrograman yang telah didukung oleh platform Microsoft .NET Framework. Maksud “Berkomunikasi” disini adalah aplikasi yang telah kita buat dapat menggunakan komponen komponen lain yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang didukung oleh platform .NET Framework.  Bahasa pemrograman yang telah didukung oleh platform ini salah satunya seperti bahasa pemrograman VB.NET, C++, dan F#.

Bahasa pemrograman ini dibangun untuk tujuan General Purpose, selain itu sederhana dan mudah untuk dipelajari. Untuk mempelajarinya Microsoft menyediakan versi free Visual C# Express Edition yang dapat sobat unduh di website Microsoft langsung.

Nah, sudah kita bahas perkembangan dari bahasa pemrograman C#. Mungkin sobat bertanya aplikasi apa yang harus saya siapkan untuk menulis program dan membangun sebuah aplikasi dengan C# ini. Oke tanpa basa basi saya berikan sebuah aplikasi yang saya gunakan untuk menulis bahasa pemrograman ini:
  1. Visual Studio 2015.
  2. Minimal frame work yang digunakan .NET Framework 4.5, untuk visual studio 2015.
  3. Windows 7 SP1/Windows 8/Windows 8.1/Windows 10. Karena sistem operasi ini yang mendukung framework terbaru.
Saya tidak menyediakan link, sobat bisa downloadnya dimanapun atau sobat bisa minta ke temen sobat. ^_^
Ok itu saja pembahasan kali ini dari saya, semoga artikel saya hari ini bermanfaat bagi sobat yang ingin belajar bahasa pemrograman C# seperti saya. J Terus ikuti Blog BelajarCsharpDotNet, yang akan diupdate setiap hari. Insyaallah akan ada video tutorial juga supaya bisa membimbing sobat dalam belajar bahasa pemrograman ini. :)

0 Response to "Apa itu bahasa pemrograman C#?"