Cara Membuat dan Memanggil Fungsi Kedalam Pemrograman Bahasa C#

Assalamualaikum, selamat pagi sobat BelajarCSharpDotNet berjumpa lagi dengan saya pada hari Senin. :D Mungkin kemarin sobat nanya kok gak posting sih? Saya mau Liburan mas :D ok ok cukup, kita lanjutkan pada pembahasan, pada postingan sebelumnya kita membahas tentang Perulangan Dalam Bahasa Pemrograman C#. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Method/Fungsi. Pokok pembahasannya adalah membuat sobat mengerti Bagaimana Cara Membuat Fungsi dan Memangilny Dalam Bahasa Pemrograman C#.

Sebelumny apa itu method? Method/fungsi adalah sebuah blok kode yang terdapat berangkaian statemen yang dapat mengerjakan sebuah tugas tugas tertentu, ketika fungsi ini dipanggil. Kok mesti dipanggil? Yap! Jawabannya karena disini dalam pembuatan method, kita berada diluar dari main method dalam program. Untuk lebih jelasnya coba sobat perhatikan potongan source code berikut:

Contoh Penggunaan Fungsi Dalam Bahasa Pemrograman CSharp
Contoh Penggunaan Fungsi Dalam Bahasa Pemrograman CSharp

Tujuan pembuatan fungsi dalam pemrograman:
-    Untuk memudahkan dalam pengembangan program.
Yah untuk memudahkan. Kok bisa? Yaaappp karena yang sudah saya jelaskan sebelumnya potongan potongan kode yang berisikan instruksi dimasukkan kedalam fungsi tertentu.
-    Menghemat ukuran program.
Bayangkan jika sobat membuat program, didalam program tersebut dia memiliki kesamaan tugas tertentu. apakah sobat akan mengetikkan ulang codenya? Oh saya rasa jawaban sobat pasti tidak. Kenapa? Selain malas untuk mengetikkan ulang codenya, ini juga dapat menghemat ukuran program.

Pendeklarasian Fungsi Dalam Pemrograman C#:
Dalam pembuatan fungsi terdapat 5 komponen yang harus ada dalam pembuatan fungsi. Apa saja itu?
1.    Access Specifier: sebenarnya ini dalam termasuk materi Object Oriented Program(OOP), tapi disini saya akan membahas tentang type typenya saja. 3 type access specifier:
•    Public : fungsi bersifat globat yang artinya fungsi dapat diakses dimanapun
•    Private: Fungsi hanya bisa digunakan dengan syarat berada dalam class yang sama.
•    Protected: Fungsi bisa diakses jika berada dalam class yang sama, dan turunan class.

Nah sobat pasti bingungkan apa lagi itu? Sobat cukup tau saja Access Specifier sampai disini dulu karena ini akan dibahas dalam pembahasan selanjutnya. Bukannya mau menggantung tapi sobat akan lebih bingung lagi jika dibahas disini.
2.    Type Kembalian: type kembalian disini, dalam fungsi jika dia dipanggil akan menghasilkan suatu nilai. Type kembalian ada 2 yaitu: bertype kembalian dan tidak bertype kembalian. Untuk pemahamannya nanti akan saya berikan gambar.
3.     Nama fungsi: yap, fungsi juga harus diberi nama sehingga fungsi tersebut bisa dipanggil.
4.    Parameter: berguna untuk menerima suatu bentuk data, sehingga data tersebut bisa diolah dan menjadi bentuk informasi.
5.    Isi Method: isi method disini kita menuliskan code untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang kita inginkan.

Syntax:
<access specifier> <typekembalian> <nama_method> (<parameter>)
{
 // Isi Fungsi
}

Contoh:
Contoh Penggunaan Fungsi dan Pemanggilan Dalam Bahasa Pemrograman CSharp



0 Response to "Cara Membuat dan Memanggil Fungsi Kedalam Pemrograman Bahasa C#"